Sabtu, Maret 17, 2012

Cara Membuat Aplikasi Twitter Sendiri


Dalam kesempatan saat ini, saya akan menjelaskan tahapan-tahapan untuk membuat suatu aplikasi twitter sendiri. Aplikasi ini berbasis DabR yang dirancang sehingga kita dapat berkreasi sesuka kita.
Dalam membuat aplikasi ini, dibutuhkan webhosting, yaitu sebagai media virtual yang digunakan untuk menyimpan data layaknya hardisk jarak jauh. Web hosting yang diperlukan kali ini adalah web hosting yang support dengan PHP 5.2 + baik yang gratis ataupun berbayar. Sebagai contoh, kita memakai webhosting gratis dengan FreeWebHostingArea. Selain gratis, fiturnya pun cukup lengkap dan mudah pemakaiannya. Silahkan mendaftar terlebih dahulu untuk mencobanya.
Sekarang kami akan menjelaskan tahap-tahap untuk membuat form twitter.
1. Download basis DabR di sini
2. Ekstrak file tersebut, kemudian upload pada webhosting kamu. File-file yang ada harus sesuai direktorinya sesuai dengan file ekstrakan tersebut. Jangan merubah nama/ rename file-file yang ada. (kecuali config.sample.php)
3. Rename file config.sample.php menjadi config.php.
4. Daftarkan aplikasi kamu di http://twitter.com/apps/. Setelah muncul, silahkan klik Register a new application yang terdapat di bagian bawah halaman tersebut. Kemudian isi form twitter tersebut.
5. Selesai
Sekarang coba masuk ke http://domainkamu/index.php. Apabila gagal masuk(error) , berarti terdapat kesalahan pada pengisian form ataupun ketidak-sesuaian webhosting yang kamu pakai.
Selamat mencoba…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya Tunggu komentar anda.